Jumat, 25 Maret 2016

BIOGRAFI SINGKAT AL-HABIB AL-FAQIH AL-ALLAMAH ZAIN BIN IBRAHIM BIN SUMAITH M.A.H~313

Beliau adalah As-Sayyid Al-Allamah Al-Faqih Al-Abid Al-Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith Al-Husaini Al-Alawi Al-Hadhrami, lahir di Jakarta (Jawa, Indonesia) pada tahun 1361 H.
Dididik di tengah keluarga yang shalih dan kedua orang tua yang shalih. Ayah beliau menyerahkan beliau saat masih kecil kepada Al-Habib Al-Allamah Al-Arif billah Alawi bin Muhammad Al-Haddad, tinggal di Bogor untuk dididik. Ia adalah guru pertama Habib Zain untuk mencari berkah.

Setelah itu beliau bepergian ke Hadhramaut di awal-awal usia baligh dan menetap di kota Tarim yang dikenal dengan kebaikan dan berkahnya. Di sana, beliau berpindah dari satu sekolah ke sekolah lain, mempelajari berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan dari para ulama setempat.

Khususnya Al-Habib Al-Barakat Al-Arif billah Alawi bin Abdullah bin Aidrus bin Syihabuddin, Al-Habib Al-Barakat Ja’far bin Ahmad Al-Aidrus, Al-Habib Al-Allamah Ad-Da’i ilallah Muhammad bin Salim bin Hafizh, Al-Habib Al-Allamah Al-Adib Al-Arib Umar bin Alawi Al-Kaf, Syaikh Al-Allamah Al-Muhaqqiq Mahfuzh bin Salim Az-Zabidi, Syaikh Al-Faqih Al-Fahhamah Salim Sa’id bin Bukair Baghitsan, dan ulama-ulama Hadhramaut juga ulama-ulama Yaman lainnya, seperti Al-Habib AlJalil Al-Qudwah Ibrahim bin Umar bin Aqil dan Al-Habib Al-Allamah Ad-Da’iyah Muhammad bin Abdullah Al-Haddar. Beliau berguru kepada mereka sekaligus meminta lisensi kepada mereka.

Setelah delapan tahun menuntut ilmu di Tarim nan rindang, guru beliau Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafizh menyarankan agar beliau pergi ke kota Baidha` -terletak di ujung selatan Yaman- untuk mengajar dan berdakwah setelah diminta oleh Al-Allamah Yaman sekaligus Mufti Liwa` Al-Baidha`, Al-Habib Al-Allamah Ad-Da’i ilallah Muhammad bin Abdullah Al-Haddar.

Habib Zain akhirnya terpilih untuk bergabung di Ribat Haddar di Baidha` untuk meneruskan jenjang pendidikan sekaligus menjadi guru. Beliau menetap di sana selama sekitar tiga tahun sebagai pengabdi ilmu dan mufti madzhab Imam Asy-Syafi'i. Beliau berpindah-pindah di sejumlah kota dan perkampungan untuk berdakwah kepada Allah.

Di sela itu, beliau menyempatkan pergi untuk menghadiri sejumlah musim, seperti melaksanakan ibadah haji dan ziarah. Di Hijaz dan Mesir, beliau bertemu banyak ulama dan orang-orang shalih. Beliau berguru kepada mereka sekaligus meminta lisensi dari mereka, di antaranya;

As-Sayyid Al-Allamah ahli hadits Haramain Alawi bin Abbas Al-Maliki, Al-Habib Al-Allamah Ad-Da’iyah Umar bin Ahmad bin Sumaith, Al-Habib Al-Qudwah Masyhur bin Thaha Al-Haddad, Al-Habib Al-Qudwah Abdul Qadir bin Ahmad As-Seggaf, Al-Habib Al-Qudwah Abu Bakar Aththas Al-Habasyi, Al-Habib Al-Qudwah Haddar bin Muhammad Al-Haddar, As-Sayyid Al-Allamah Al-Adib Muhammad bin Ahmad Asy-Syathiri, Syaikh Al-Allamah Umar Al-Yafi’i, dan guru-guru lain yang disebutkan dalam daftar sanad dan lisensi penulis.

Akhirnya penulis berhijrah ke Haramain Syarifain dan menetap di sana, tempat hijrah kakek beliau Al-Musthafa saw; Madinah Al-Munawwarah, untuk meneruskan jalan agung mengajar, memberikan bimbingan, dan berdakwah di tanah dan majlis Thaibah yang baik. Terlebih dahulu beliau mengajar di sekolah Sayyid Abdurrahman bin Hasan Al-Jufri rahimahullah.

Banyak murid-murid berdatangan kepada beliau dari berbagai penjuru negeri Islam, hingga banyak di antara mereka yang lulus melalui pendidikan beliau. Kami memohon kepada Allah semoga mereka menjadi orang-orang yang bermanfaat. Amin.
Di negeri yang diberkahi ini dan di masa itu, beliau berguru kepada sejumlah ulama dan syaikh Madinah dan para syaikh lain yang datang ke sana, di antaranya; Syaikh Ahmaduh Asy-Syinqithi, syaikh Muhammad Zaidan Al-Anshari, dan para ulama lain dari berbagai wilayah Islam.

Habib Zain memiliki sejumlah karya tulis yang bermanfaat, di antaranya; Al-Fuyûdhât Ar-Rabbâniyyah min Anfâsis Sâdah Al-‘Alawiyyah fil Ayâtil Qur`âniyyah wal Ahâdits An-Nabawiyyah, Al-Mahaj As-Sawi Syarh Thariqatis Sâdah Ali Abi ‘Alawi, Al-Futûhat Al-‘Aliyyah fil Khitab Al-Mimbariyyah dalam dua jilid, Syarh Hadîts Jibrîl Al-Musammâ Hidâyatuth Thâlibîn fi Bayâni Muhimmâtid Dîn;Al-Islâm, Al-Îmân, Al-Ihsân, dan sejumlah karya tulis lainnya.

Beliau adalah termasuk salah satu syaikh terbesar untuk saat ini. Allah menjadikan beliau sebagai salah satu fenomena tarekat dan ilmu salafiyah di masanya.

Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan kepada beliau dan selalu membuat beliau bermanfaat, di jaga dari kejahatan para pendengki dan nawashib, memberkahi ilmu, murid-murid dan para pencintanya. Amin.

Doa shalawat teriring salam semoga terlimpah kepada junjungan kami, Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Dinukil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar